Search This Blog

Tuesday 5 August 2014

Tips Akuarium Aman Selama Mudik




            Untuk Anda yang ingin mudik dan ragu meninggalkan ikan hias Anda sendirian di rumah?Khawatir jika ikan Anda tiba-tiba mati begitu pulang mudik?Berikut ini ada tips yang diungkapkan oleh salah satu penghobi ikan hias asal Jakarta, Andoko :

Persiapan H-1 :
1.      Cucilah filter akuarium sebersih-bersihnya.
2.      Cuci juga batu zeolit dan batu arang. Ganti juga filter fibrenya dengan yang baru dan kemudian pasang kembali filternya.
3.      Akuarium disiphon dan airnya diganti 1/2nya menggunakan air baru yang telah diendapkan.
4.      Jangan gunakan pellet beku atau pakan pellet di hari itu. Pakailah pakan hidup seperti udang rebon hidup / anak plati / anak lele / kutu air hidup dalam jumlah agak banyak. Tujuannya agar ikan kenyang saat pergantian hari dari H-1 ke hari H saat Anda mudik.

Saat akan Mudik :
1.       Saat akan pergi, masukkan tambahan banyak pakan hidup lagi yang diperkirakan bakal tahan buat 6 sampai 7 hari makan.
2.       Pastikan juga aerator dan filter bekerja optimal
3.       Lampu akuarium diganti dengan watt yang lebih kecil agar suasana redup dan ikan tidak merasa “siang” sehingga tidak akan mencari makan terus. Stok pakan hidup yg ditaruh tidak lebih cepat habis dari perkiraan.
4.       Tempatkan bogwood kecil dlm aquarium (bg yg belum ada) utk tempat berlindung pakan hidup tadi. Atau taruh 15 - 25 butir bioball, terapung saja di permukaan aquarium untuk tempat sembunyian pakan hidup tadi. Jumlahnya jangan berlebih agar sinar lampu masih bisa tembus air dibawahnya.
5.       Akuarium dan isinya akan aman selama 6-8 hari mendatang sebab pakan hidup tidak banyak menimbulkan masalah NO4 (nitrit) & NH3 (amoniak) karena kotoran mereka juga tidak banyak. Mereka juga tidak akan mudah mati sebab kualitas air anda sudah OK (filter baru dibersihin dan aerator anda berjalan baik).


No comments:

Post a Comment